17 Wisata Rembang Yang Paling Mempesona Untuk Berlibur

Diposting pada
17 Wisata Rembang Yang Paling Mempesona Untuk Berlibur 1

Apakah anda ingin berwisata ke Kabupaten Rembang? Rembang adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten ini terletak di Jalur Pantai Utara yang berada diantara perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Yang paling terkenal dari Kabupaten Rembang adalah pemakaman pahlawan nasional yaitu makam R A Kartini.

Namun tidak hanya makam R A kartini yang terkenal dari Kabupaten Rembang. Objek wisata apa sajakah yang bisa anda kunjungi di Kabupaten Rembang?

Objek Wisata Rembang Yang Seru Dan Menarik

Kabupaten Rembang terletak diantara perbatasan dua Provinsi yaitu Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Inilah mengapa Rembang terletak di jalur yang amat strategis yang banyak dikunjungi oleh warga.

Selain lokasinya yang strategis Kabupaten Rembang pun memiliki banyak objek wisata yang dapat dikunjungi. Objek wisata apasajakah yang dimiliki Rembang?

Makam Raden Ajeng Kartini Remabang

17 Wisata Rembang Yang Paling Mempesona Untuk Berlibur 2

Objek wisata yang paling terkenal di Kabupaten Rembang adalah Makam Raden Ajeng Kartini. Raden Ajeng Kartini merupakan pahlawan nasional wanita yang mengangkat harkat dan martabat kaum wanita atau emansipasi wanita.

Namun sayangnya Raden Ajeng Kartini meninggal di usia yang terbilang muda yaitu 25 tahun. Makam beliau yang terletak di Kabupaten Rembang ini pun sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang untuk berziarah maupun berwisata.

Lokasi: Bulu, Bulu, Rembang, Jaea Tengah.

Untuk berziarah sekaligus berwisata di Makam aden Ajeng Kartini anda tidak akan dipungut biaya dan anda bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00. Selain Makam Raden Ajeng Kartini anda pun bisa menemukan Museum R A Kartini yang juga terletak di Kabupaten Rembang.

Museum R A Kartini Rembang

Selain Makam R A Kartini anda bisa menemukan berbagai macam barang peninggalan R A Kartini. Barang-barang tersebut tersimpan rapi di Museum R A Kartini yang terletak di Pusat Kota Rembang.

Di museum tersebut anda bisa menemukan tulisan tangan dari R A Kartini. Banyak pelajar yang menjadikan museum ini sebagai tujuan study tour karena museum ini dianggap memiliki nilai sejarah yang tinggi untuk masyarakat Indonesia.

Lokasi: Jalan Gatoy Subroto Nomer 8, Rembang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Musem Kartini sebesar Rp 2.000,00 dengan jam kunjung 08.00-15.00 pada hari biasa dan 09.00-15.00 pada hari libur. Nah objek wisata makam yang tidak kalah populer di Rembang adalah Makam Sunan Bonang yang terletak di Lasem.

Makam Sunan Bonang Lasem

Sunan Bonang adalah salah satu Walisongo yang juga menyebarkan agama islam khususnya di Kabupaten Rembang. Kini anda pun bisa mengunjungi makamnya yang terletak di Lasem, Rembang.

Tempat pemakaman Sunan Bonang dipercaya sebagai tempat peristirahatan beliau. Kini makam beliau tidak pernah sepi oleh para peziarah yang datang.

Lokasi: Bonang, Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Tiket masuk makam Sunan Bonang sebesar Rp 2.000,00/ orang dan anda bisa berziarah kapan saja anda mau. Nah mumpung anda berada di kawasan Lasem ada baiknya anda pun mampir di kawasan Wisata Sejarah Lasem.

Wisata Sejarah Lasem

17 Wisata Rembang Yang Paling Mempesona Untuk Berlibur 3

Lasem adalah sebuah kecamatan yang terletak di sebelah timur Kabupaten Rembang. Kawasan Lasem ini lebih sering dikenal sebagai Kota Tiongkok kecil karena merupakan kawasan yang digunakan oleh Etnks Tionghoa di Jawa sebagai tempat pendaratan pertama kali.

Peninggalan etnis Tionghoa di Lasem masih dilestarikan dengan ditemukanya kawasan perkampungan etnis Tionghoa. Namun seiring perkembangan waktu dan agama Kecamatan Lasem ini berubah sebagai kawasan santri.

Lokasi: Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Anda pun bisa datang kapan saja anda. Selain wisata budaya dan religi di Rembang anda pun bisa berwisata alam salah satunya Pantai Dampo Awang Rembang.

Pantai Dampo Awang Rembang

Salah satu pantai indah dari Rembang adalah Pantai Dampo Awang yang terletak di pusat Kota Rembang. Pada mulanya lokasi wisata ini disebut sebagai Taman Rekreasi Pantai Kartini namun sekarang dirubah menjadi Pantai Dampo Awang.

Selain menikmati pemandangan alam anda pun bisa bermain beberapa wahana permainan air seperti flying fox dan perahu. Apalagi terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari kayu yang menambah keindahan pantai ini.

Lokasi: Tasikagung, Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Pantai Dampo sebesar Rp 5.000,00 dengan jam operasional mulai pukul 07.00 sampai 17.00. Masih pada kawasan yang sama yaitu Lasem terdapat sebuah pantai yang tidak kalah indah untuk dikunjungi yaitu Pantai Caruban Lasem.

Pantai Caruban Lasem

Pantai Caruban ini letaknya di tengah kawasan Lasem namun pantai ini tergolong sepi. Walaupun pantai knit sepi, pesonanya tidak bisa di tutupi.

Anda pun bisa bermain dengan leluasa karena objek wisata ini memiliki pasir pantai yang menghampar luas. Selain itu anda pun biaa mencoba bermain ATV yang disiapkan oleh pengelola pantai.

Lokasi: Jalan Gedong Mukyo, Tambak dan Sawah, Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Untuk memasuki kawasan Pantai Caruban anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000,00/ orang. Selain Pantai Caruban anda pun bisa mengunjungi Pantai Karang Jahe Lasem.

Pantai Karang Jahe Lasem

17 Wisata Rembang Yang Paling Mempesona Untuk Berlibur 4

Pantai Karang Jahe memiliki keuinikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Kabupaten Rembang. Keuinikan tersebut terletak pada pohon cemaran yang tumbuh di pinggir pantai.

Selain pohon cemara pantai ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih. Apalagi air panti ini sangat jernih sampai-sampai anda bisa melihat ke dasar pantai.

Lokasi: Punjulharjo, Rembang, Rembang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Pantai Karang Jahe masih gratis jadi anda bisa keluar masuk pantai ini sesuka hati anda. Nah selain ketiga pantai di atas Rembang ternyata masih punya Pantai Jatisari.

Pantai Jatisari Lasem

Pantai Jatisari ini memiliki keuinikan yang jarang dimiliki pantai-pantai lainya. Keunikan tersebut tidak hanya pada pasir putihnya saja tapi juga ada bebatuan dipinggir pantai.

Pemandangan bebatuan ini pun menambahkan kesan alami Pantai Jatisari ini. Selain itu keuinakan pantai ini adalah pemandangan matahari terbit yang indah.

Lokasi: Jatisari, Sluke, Rembang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Pantai Jatisari masih gratis dan anda pun masih bisa datang kapan saja. Selain itu ada Pantai Binangung yang cukup unik. Apakah keunikan tersebut?

Pantai Binangun Lasem

Pantai Binangun sangat berbeda dengan pantai-pantai lainya yang berada di Lasem. Keuinikan tersebut karena pantai ini terletak tepat di pinggir jalan raya.

Jika anda kebetulan melintasi Jalan Raya Lasem-Rembang maka anda akan melihat keindahan pantai ini dari jalan raya. Pantai ini memang belum memiliki fasilitas yang lengkap namun perintah dan pengelola akan segera menambahkan beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisatawan.

Lokasi: Binangun, Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

Pantai Binangun masih dibuka secara gratis dan anda pun juga bisa datang kapan saja. Jika anda ingin mencari objek wisata yang lebih seru dengan paket yang lebih lengkap anda bisa berkunjung ke Pulau Gede Rembang.

Pulau Gede Rembang

Pulau Gede Rembang adalah sebuah kecil yang berada di kawasan Rembang yang memiliki luas pulau hanya 1 km saja. Walaupun pantai ini kecil dan sepi, pesona pantai ini tidak bisa disembunyikan.

Pulau ini memiliki pasir pantai yang putih, hutan bakau dan terumbu karang. Untuk sampai di pulau ini pun anda harus menyeberang menggunakan perah.

Lokasi: Wates, Kaliori, Rembang Jawa Tengah.

Harga sewa perahu untuk menyeberangi pulau sebesar Rp 250.000,00 untuk pulang pergi. Nah jika anda bosan dengan objek wisata pantai namun ingin bermain air anda bisa datang ke Embung Lodan yang pemandangannya tidak kalah menarik.

Embung Lodan Sarang

Embung Lodan pada awalnya digunakan warga sekitar sebagai irigasi namun kini mempunyai fungsi ganda. Kini Embung Lodan berubah fungsi menjadi sebuah objek wisata.

Lokasinya yang dikelilingi oleh perbukitan menjadi embung ini memiliki pemandangan yang indah. Maka dari itu banyak warga dan wisatawan yang berdatangan ke Embung Lodan untuk bersantai-santai atau berfoto-foto.

Lokasi: Lodan Wetan, Sarang, Rembang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk embung ini masih gratis dan anda pun bisa datang kapan saja anda mau. Wisata bahari yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Hutan Mangrove Rembang.

Hutan Mangrove Pasarwangi Rembang

Selain pantai Rembang jiga punya ekosistem pantai yaitu hutan mangrove. Hutan Mangrove ini terletak di sekitar Desa Pasarwangi Rembang.

Hutan mangrove ini berfungsi sebagai penangkal abrasi yang terletak di bibir pantai. Namun karena keindahan dan kesejukan lingkunganya maka hutan ini memiliki fungsi ganda sebagai objek wisata bahari.

Lokasi: Pasarwangi, Rembang, Jawa Tengah.

Untuk menikmati keindahan Hutan Mangrove Pasarwangi anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000,00/ orang. Wisata alam yang juga memiliki pemandangan hijau yang menyegarkan mata adalah Taman Wisata Sumber Senen.

Taman Wisata Sumber Senen Sale

Fungsi taman wisata ini adalah sebagai bumi perkemahan dan tempat tumbuh berbagai macam flora. Tidak hanya flora yang tumbuh di taman ini beberapa fauna pun menghuni taman wisata ini.

Flora yang tumbuh di taman ini seperti pohon jati, mahoni, kepel, kesemek, dan miri. Sedangkan fauna yang menghuni taman ini adalah ayam hutan, kutilang, lutung dan kecer.

Lokasi: Gading, Jinanten, Sale, Rembang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Taman Wisata Alam ini sebesar Rp 5.000,00. Jam operasional mulai pukul 08.00 sampai 18.00. Nah bagi amda yang suka bermain di alam bebas tidak ada salahnya untuk mencoba datang ke Puncak Argopuro Lasem.

Puncak Argopuro Lasem

Argopuro adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Rembang. Gunung Argopuro ini hanya setinggi 806 Mdpl sehingga cocok bagi para pendakali junior.

Gunung ini dikategorikan sebagai gunung yang tidak terlalu tinggi. Anda pun bisa menjangkau puncak gunung ini hanya dengan mendaki selama 2,5 jam saja.

Lokasi: Rakitan ,Sluke, Rembang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Gunung Argopuro terbilang masih gratis dan anda pun masih bisa datang kapan saja anda mau. Jika anda ingin mencari objek wisata yang cocok untk anak-anak anda bisa mencoba objek wisata Wana Wisata Kartini.

Wana Wisata Kartini Mantingan

17 Wisata Rembang Yang Paling Mempesona Untuk Berlibur 5

Jika anda ingin berwisata alam namun ingin membawa buah hati anda, anda bisa berwisata ke Wana Wisata Kartini. Wana wisata ini dekat dengan makam Raden Ajeng Kartini sehingga anda bisa sekalian mampir.

Hutan wisata Kartini ini memiliki pemandangan yang segar dan lingkunganya yang asri. Selain itu anak-anak anda bisa bermain di taman bermain yang telah disediakan.

Lokasi: Mantingan, Bulu, Rembang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Wana Wisata Kartini sebesar Rp 5.000,00 dengan jam operasional mulai pukul 10.00 sampai 17.00. Selain berwisata atau berkemah di Wana Wisata Kartini anda pun bisa mencoba berkemah di Karangsari Park Rembang.

Karangsari Park Rembang

Karangsari Park Rembang adalah salah satu bumi perkemahan terbesar dk Rembang. Banyak event-event besar berskala Nasional sering diadakan di bumi perkemahan ini.

Pengelola bumi perkemahan ini adalah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Rembang. Bumi perkemahan ini pun dikelilingi oleh banyak pohon cemara dan pohon-pohon besar lainya sehingga sangat asri.

Lokasi: Karangsari, Sulang, Rembang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk bumi perkemahan ini adalah gratis apalagi anda bisa menggunakan bumi perkemahan kapan pun anda mau. Nah jika anda ingin wisata keluarga yang bertemakan air anda pun bisa berwisata ke Waduk Panohan Rembang.

Waduk Panohan Rembang

Waduk Panohan adalah sebuah waduk yang terletak di Kabupaten Rembang yang memiliki pemandangan yang paling indah. Anda dapat menyaksikan keindahan hijaunya air waduk dipadukan dengan hijaunya bukit yang terletak di belakang waduk.

Terdapat sebuah tebing yang sengaja disusun secara berundak yang berfungsi untuk mengurangi erosi sekaligus tempat wisatawan berpijak untuk menaiki tebing. Anda pun bisa menikmati pemandangan yang indah ini tanpa halangan apapun.

Lokasi: Panohan, Gunem, Panohan, Rembang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Waduk Panohan sebesar Rp 15.000,00/ orang yang dibuka selama 24 jam. Jadi anda bisa berwisata kapan pun anda mau.

Itulah beberapa objek wisata yang terletak di Kabupaten Rembang. Benarkan, ternyata Rembang tidak hanya memiliki objek wisata religi namun juga objek wisata alam.

Objek wisata tersebut kebanyakan adalah objek wisata pantai yang indah dan mempesona. Selain itu Rembang juga kaya dengan lokasi bumi perkemahan karena kabupaten ini dianugerahi dengan lahan hutan yang menghijau.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.