16 Wisata Tegal Keren Yang Menarik Minat Wiasatawan

Diposting pada

Kota Tegal memang terkenal dengan kulinernya yaitu warung tegal. Namun tahukah anda bahwa Tegal juga memiliki ikon lain yang bisa diandalkan. Terdapat banyak sekali objek wisata tegal yang layak untuk dikunjungi.

Kota yang sangat lekat dengan dialek bahasa ngapak ini ternyata jika di jelajah lebih dalam anda bisa menemukan berbagai potensi alam. Letaknya yang berada di jalur Pantai Utara menjadikan kota ini memiliki objek wisata yang mengagumkan.

Apakah anda tahu objek wisata apa saja yang dimiliki kota Tegal? Temukan jawabanya pada artikel di bawah ini ya.

Daftar Objek Wisata Tegal

Apakah objek wisata andalan dari kota Tegal adalah pantai? Mungkin semua orang akan berpresepsi bahwa kota Tegal hanya memiliki objek wisata pantai karena memang terletak di kawasan Pantai Utara.

Nah setelah membaca artikel di bawah ini anda akan mendapatkan jawaban yang anda cari. Apa sajakah objek wisata Tegal yang menarik?

Bukit Goa Lawa Harjawinangun

Bukit Goa Lawa

Apakah anda ingin memicu adrenalin dengan mengunjungi objek wisata alternative yang menyuguhkan petualangan bernuansa alam? Anda bisa mencoba mengunjungi objek wisata Tegal yaitu Bukit Goa Lawa Balapulang Harjawinangun.

Bukit ini memiliki pemandangan yang mengagumkan dengan latar belakang hutan Tegal dan pemandangan kota Tegal. Anda bisa menemukan tumpukan bebatuan yang tersusun bertingkat secara alami diatas puncak bukit ini.

Lokasi: Harjawinangun, Balapulang, Tegal, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Bukit Goa Lawa sebesar Rp 5.000,00 yang dapat dikunjungi setiap hari pukul 12.00-18.00 pada hari biasa dan pukul 08.00-18.00 pada hari libur. Nah selain Bukit Goa Lawa anda bisa mencoba berwisata ke Bukit Batu Wadas Kelir yang tidak kalah indah.

Bukit Watu Wadas Kelir Tegal

Bukit Wadas Kelir Tegal

Bukit Watu yang terletak di Wadas Kelir ternyata tidak hanya unik dan indah. Anda bisa menemukan berbagai macam spot yang busa dijadikan spot foto dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Pada awalnya bukit ini merupakan sebuah tempat penggalian pasir namun pada akhirnya berubah fungsi menjadi sebuah objek wisata. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi.

Lokasi: Dukuh Jati Kidul, Pangkah, Tegal, Jawa Tengah.

Untuk bisa menikmati keindahan bukit unik Bukit Watu Wadas Kelir anda. Selain Bukit Watu Wadas anda bisa menemukan objek wisata yang awalnya terbentuk tidak sengaja yaitu Danau Beko.

Danau Beko Margasari Tegal

Danau Beko Margasari Tegal

Danau Beko memang memiliki pemandangan yang indah namun siapa sangkan danah ini terbentuk tidak secara alami. Danau ini awalnya adalah sebuah lokasi penambangan batu kapur yang beralih fungsi sebagai objek wisata Tegal.

Yang lebih unik lagi adalah anda busa menemukan 5 buah danau sekaligus. Hal inilah yang menjadikan Danau Beko banyak diminati wisatawan karena pemandangannya yang unik dan menarik.

Lokasi: Karangdawa, Karangasem, Margasari, Tegal, Jawa Tengah.

Danau Beko mulai pukul 06.00 sampai 18.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 pada hari biasa dan hari libur. Ternyata Tegal pun memiliki banyak bukit yang menyuguhkan pemandangan alam selain itu anda bisa menemukan keindahan bentang alam dari Bukit Panenjoan Salem.

Bukit Panenjoan Salem Babakan

Bukit Panenjoan Salem Babakan

Menyaksikan pemandangan alam dari atas ketinggian merupakan pilihan yang tepat. Apalagi jika anda menyaksikan bentang alam Tegal dari Bukit Panenjoan yang memiliki fasilitas lengkap.

Anda bisa menikmati pemandangan alam dari atas gardu pandang. Kehadiran gardu pandang tidak hanya mempermudah anda dalam menikmati pemandangan alam tapu juga memberikan spot foto yang menarik.

Lokasi: Dukuh Babakan, Wanoja, Salem, Brebes, Jawa Tengah.

Untuk menikmati pemdangan dari atas gardu pandang Bukit Panenjoan Salem anda cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000,00. Wisata Tegal lainnya yang memiliki berbagai macam fasilitas selain Bukit Panenjoan adalah Bukit Baper Bumijaya.

Bukit Baper Bumijaya-Sirampong

Bukit Baper Wisata Tegal

Bukit Baper adalah sebuah bukit yang terletak diantara dua kabupaten yaitu Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Dari atas bukit ini anda bisa menemukan indahnya pemandangan Kabupaten Tegal yang terletak di bawah lereng Gunung Slamet.

Untuk menambah keseruan menikmati bentang alam Tegal anda bisa menggunakan fasilitas gardu pandang. Gardu Pandang tersebut tidak hanya memberikan kemudahan anda dalam menikmati pemandangan namun juga memberikan latar belakang foto yang unik.

Lokasi: Perbatasan Bumijawa dan Sirampong

Tiket masuk Bukit Baper sebesar Rp 6.000,00 yang berlaku mulai pukul 06.00-22.00. Selain berwisata ke lereng Gunung Slamet anda pun bisa berwisata petualang ke Gunung Tanjung Tegal.

Gunung Tanjung Lebaksiu

Gunung Tanjung Lebaksiu

Objek wisata Gunung Tanjung merupakan objek wisata alam yang cocok bagi wisatawan yang berjiwa petualang. Anda bisa melakukan hiking di gunung ini.

Selain melakukan kegiatan hiking anda bisa menikmati keindahan panorama alam yang indah. Satu hal lagi yang bisa menghangatkan anda pada suasana dinginya Gunung Tanjung adalah keramahan warga sekitar yang sangat bersahabat.

Lokasi: Lebaksidu Kidul, Lebaksidu, Tegal, Jawa Tengah.

Untuk bisa berkegiatan hiking dan menikmati pemandangan anda tidak perlu membayar tiket masuk apalagi anda bisa berkunjung kapan saja anda mau. Nah wisata Tegal hiking selain Gunung Tanjuy adalah Bukit Cepu Tegal.

Bukit Cepu Tegal

Bukit Cepu Wisata Tegal

Untuk menuju lokasi Bukit Cepu anda harus berjalan menaiki tangga sejumlah 950 buah. Namun kelelahan anda akan terbayar ketika sampai diatas Bukit Cepu.

Anda bisa menyaksikan kegagahan Gunung Slamet yang terletak di sebelah tenggara Bukit Cepu. Selain itu anda bisa menyaksikan hijaunya pohon pinus dan pohon cemara yang menjulang tinggi.

Lokasi: Sawah, Batumirah, Tegal, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Bukit Cepu Tegal sebesar Rp 5.000,00 yang dapat anda gunakan selama 24 jam. Selain dari atas Bukit Cepu anda bisa menikmati bentang alam kota Tegal dari atas Bukit Rangkok yang terletak di Desa Pagerwangi.

Bukit Rangkok Pagerwangi

Bukit Rangkok Pagerwangi

Bukit Rangkok merupaka wisata alternative baru yang terletak di Kabupaten Tegal. Bukit yang tersusun dari bebatuan ini memiliki pemandang yang indah apalagi disekililing bukit ini ditumbuhi dengan ilalang yang menambah keasrian pemandangan.

Jika anda ingin berburu indahnya pemandangan matahari terbit dan tenggelam anda bisa datang ke Bukit Rangkok dengan biaya sebesar Rp 5.000,00. Selain itu anda bisa menyaksikan hamparan sawah yang membentang luas dan gagahnya Gunung Slamet.

Lokasi: Pagerwangi, Balapulang, Tegal.

Untuk bisa menikmati keindahan kota Tegal dari atas ketinggian anda bisa datang kapan saja anda mau. Nah itulah beberapa objek wisata Tegal dataran tinggi yang menyuguhkan indahnya kota Tegal, jika anda ingin wisata yang berbeda anda bisa mengunjungi ke Curug Pitu Margasari.

Curug Pitu Margasari

Curug Pitu Margasari

Curug Pitu yang terletak di Margasari ini paling cocok dikunjungi oleh wisatawan yang hobi memacu adrenalin. Pasalnya untuk mencapai curug ini anda harus melewati medan yang cukup berat yang mengurusa tenaga.

Curug ini memiliki 7 buah aliran air terjun dengan pemandangan yang indah dan eksotis. Itulah mengapa air terjun ini dinamakan Curug Pitu.

Lokasi: Margasari, Tegal, Jawa Tengah.

Wisata Tegal ini buka selama 24 jam sehingga anda bisa berkunjung kapan saja anda mau terlebih lagi anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000,00. Selain Curug Pitu anda bisa mengunjungi Curug Cantel yang terletak di daerah Kalipedes.

Curug Cantel Kalipedes

Curug Cantel Kalipedes

Curug yang memiliki ketinggian lebih dari 60 meter ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Bebatuan yang tersesun secara alamj di dasar air terjun juga menambah keeksotisan pemandangan alam.

Anda pun akan ditantang saat sebelum mencapai wisata tegal yang satu ini karena medan yang lumayan berat akan menguras tenaga anda. Selain itu anda akan makin bersemangat ketika anda membasuh muka dengan air curug karena mitos yang berkembang anda akan dimudahkan menemukan jodoh jika membasuh muka di tempat ini.

Lokasi: Jalan Raya Kalipedes, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Untuk membuktikan mitos yang beredar anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000,00 apalagi anda bisa datang kapan saja anda mau. Apakah anda belum cukup puas dengan keindahan Curug Cantel anda bisa mampir ke Curug Putri.

Curug Putri Tegal

Curug Putri Tegal

Curug Putri adalah sebuah curug yang terletak di Dukuh Benda, Tegal Jawa Tengah. Curug ini memiliki ketinggian air terjun setinggi 25 meter.

Keindahan curug ini terpancar dari indahnya aliran air terjun beserta indahnya pemandangan sekitar air terjun. Anda pun bisa berelaksasi di curug ini dengan nyaman.

Lokasi: Sawah Ladang, Dukuh Benda, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Curug Putri sebesar Rp 3.000,00 dengan jam kunjung selama 24 jam. Nah itulah keindahan yang di tawarkan oleh Curug Putri jika anda kurang puas anda bisa bisa berkunjung Curug Jejeg Bumijawa.

Curug Jejeg Bumijawa

Curug Jejeg Bumijawa Tegal

Curug Jejeg merupakan salah satu curug terindah yang terletak di Kota Tegal. Curug Jejeg ini memiliki ketinggian sekitar 22 meter dimana air yang turun dari air terjun tersebut mengucur dengan indah dengan tiga tingkatan air terjun.

Anda bisa berenang di kolam renang yang terletak di bawah curug tersebut. Selain itu terdapat bebatuan yang terletak di pinggir curug dimana anda bisa duduk sambil bersantai menikmati keindahan curug.

Lokasi: Jalan Raya Jejeg Nomer 7, Jejeg, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Curug Jejeg sebesar Rp 5.000,00 yang dapat anda kunjungi selama 24 jam. Selain Curug Jejeg anda pun bisa menemukan Wisata Tegal lainnya yang tidak kalah indah dan menarik.

Curug Luhur Tegal

Curug Luhur Tegal

Ternyata Kota Tegal memiliki banyak curug-curug yang begitu indah dan menawan salah satunya adalah Curug Luhur yang terletak Bojong Tegal. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

Udara disekitar curug pun terasa begitu segar jadi anda bisa betah untuk berlama-berlama bersantai di sini. Selain itu terdapat tumbuhan merambat dam lumut  yang tumbuh di tebing yang menambah keasrian lingkungan.

Lokasi: Sawah, Ladang, Tuwel, Bojong, Tegal, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 dengan jam kunjung 08.00 sampai 18.00. Jika anda menginginkan pemandangan yang lebih indah lagi anda bisa datang ke Curug Kembar yang terletak di Bumijawa Tegal.

Curug Kembar Bumijawa

Curug Kembar Bumijawa Tegal

Apakah anda tahu kenapa curug ini dinamakam Curug Kembar? Curug ini dinamakan Curug Kembar karena terdapat dua buah curug yang terletak berdampingan.

Satu curug memiliki debit air yang deras sedangkan curug satunya memiliki debit air yang tidak begitu deras. Jika biasanya curug memiliki air yang cenderung dingin maka curug ini memiliki air yang hangat jadi anda tidak perlu takut kedinginan ketika menceburkan diri ke dalam curug.

Lokasi: Guci, Bumijaya, Tegal, Jawa Tengah.

Tiket masuk Wisata Tegal ini sebesar Rp 5.000,00 dimana anda bisa datang kapan saja setiap hari. Nah itulah beberapa curug-curug yang bisa anda datangi di Kabupaten Tegal jika amda ingin berwisata air lebih santai anda bisa berwisata ke Telaga Sindang.

Telaga Sindang Kemadu

Telaga Sindang Kemadu

Telaga Sindang Kemadu atau yang sering disebut Telaga Sikadu merupakan sebuah telaga yang dikelilingi oleh taman yang rindang dan asri. Banyak pohon pinus yang tumbuh mengelilingi telaga sehingga menciptakan keasrian lingkungan.

Selain itu anda bisa menikmati keindahan alam sembari menaiki wahana sepeda air. Dengan menaiki wahana ini anda bisa berkeliling telaga sepuasnya.

Lokasi: Muncanglarang, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Anda pun bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 tanpa dipungut biaya. Selain Telaga Sindang anda bisa mencoba sensasi mandi air panas di Pemandian Air Panas Guci.

Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci

Salah satu ikon wisata Tegal adalah wisata Tegal Guci atau Pemandian Air Panas Guci. Seluruh warga bahkan masyrakat pada umumnya pasti mengetahui objek wisata yang berasal dari Kabupaten Tegal ini.

Masyrakat percaya bahwa dengan berendam di air panas tersebut badan akan terasa segar dan beberapa penyakit bisa hilang diantaranya adalah penyakit kulit. Selain menikmati kolam air panas anda juga bisa menikmati fasilitas lain seperti penginapan yang terletak di kawasan pemandian ini.

Lokasi: Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466

Harga tiket masuk pada hari biasa sebesar Rp 4.500,00 untuk anak-anak,Rp 5.000,00 untuk dewasa dan Rp 6.500,00 untuk anak-anak dan Rp 7.000,00 untuk dewasa pada hari libur. Anda pun bisa datang kapan saja anda mau.

Nah terjawab sudah pertanyaan anda tentang objek wisata yang terletak di Kota Tegal kan? Ternyata Tegal tidak hanya mempunyai objek wisata pantai namun jiga teluk, danau dan bukit.

Rekomendasi wisata air hangat lainnya di Guci: 8 Spot Asik rekreasi di Guci Tegal

Objek-objek wisata Tegal tersebut masing-masing memiliki keistimewaan yang berbeda satu sama lainya. Yuk berkunjung ke Kota Tegal untuk menikmati semua keindahan bentang alamnya yang pastinya akan membuat hatimu menyenangkan.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *