Mengenal Lebih Dekat Flora dan Fauna Khas Indonesia di Kebun Raya Bogor

Diposting pada
Pintu Masuk Kebun Raya Bogor

Sebagai ikon kota Bogor, Kebun raya bogor merupakan contoh pelestarian berbagai flora dan fauna yang konsepnya dalah taman kota.

Kisaran Harga TiketRp 5.000 – Rp 30.000
Informasi Kontak
(0251)8311362
Official WebsiteKBR
Jam Buka08:00 – 17:00 WIB
WilayahKota Bogor

Di dalam taman ini terdapat ribuan spesies hewan dan tumbuhan baik yang masih hidup maupun yang sudah dalam bentuk fosil. Mulai dari burung, bunga, dan aneka tanaman.  

Di taman yang tidak berada jauh dari The Jungle Waterpark Bogor ini, ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengisi liburan. Anda bisa belajar, berfoto-foto, olahraga, dll.

Selain itu, taman ini juga cocok dijadikan destinasi edukasi. Karena anda bisa banyak belajar tentang ragam flora dan fauna. Yuk, intip berbagai fasilitas yang bisa anda nikmati di sini!

Kebun Raya Bogor

Taman wisata yang disingkat KRB menawarkan banyak hal unik dan menarik. Saking istimewanya, anda bisa jadi tidak menemukannya di tempat lain.

Bunga Terate Kebun Raya Bogor

Contohnya saja bunga anggrek raksasa dengan nama Grammatophyllum speciosum. Bunga ini merupakan bunga tertinggi di dunia yang mencapai  7,5 m.

Ada juga bunga endekmik Bengkulu yakni bunga Rafflesia & bangkai. Kedua bunga ini menjadi tanaman unggulan di KRB. Tidak hanya beraneka tanaman saja yang bisa anda temukan di sini. Ada juga spot-spot lain yang wajib dikunjungi.

Museum Zoologi

Kebun Raya Bogor botanical garden memiliki satu spot yang khusus menyediakan koleksi satwa. Namun, satwa yang anda temukan di sini sudah tidak lagi hidup karena sudah diwetkan. Terdapat berbagai macam satwa mulai dari yang berukuran besar seperti badak hingga serangga.

Di samping itu, ada beberapa fosil hewan laut. Seperti tulang belulang hewan paus biru yang diletakkan di sebuah kotak pameran. Ada juga sebuah diorama yang menggambarkan adegan satwa sebagai pemerannya. Salah satu yang menjadi favorit adalah cerita rusa dan serigala.

Tidak heran jika tempat ini dangat cocok sebagai tempat edukasi. Pengunjung bisa belajar tentang satwa-satwa di Indonesia.

Griya Anggrek

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor

Spot ini menjadi daya tarik utama di taman wisata Bogor ini. Sejak dibangun tahun 2000 hingga sekarang ada sekitar 400 spesies bunga anggrek. Anggrek-anggreknya tidak hanya berasal dari hutan di Indonesia. Beberapa adalah hasil persilangan dan hibrida.

Jika ingin melihat-lihat di griya ini,  spesies anggrek yang asli diletakkan di sayap kiri. Untuk anggrek silangan terletak di sayap kanan.

Sekedar informasi, bunga anggrek di sini selalu mekar setiap 2 tahun sekali. Mekarnya pun secara serempak selama sekitar 2 bulan selama Januari hingga Februari.

Taman Tematik

Kebun luas ini juga memiliki beberapa taman tematik yang biasa disebut taman nusantara. Tiap-tiap taman memiliki tema sendiri-sendiri.

Salah satunya adalah Taman Meksiko. Di taman ini terdapat 100an koleksi tumbuhan beriklim kering. Tanaman di sini sebagian besar berasal dari Amerika.

Ada juga Taman Obat. Taman ini menampilkan berbagai tanaman obat-obatan. Di setiap tanaman juga memiliki keterangan yang bisa anda baca dan pelajari.

Selain itu, ada Taman Soedjana Kassan. Taman ini letaknya dekat dengan Lapangan Sempur. Di taman ini terdapat sebuah replika Burung Garuda.

Replika ini dibuat dari kombinasi aneka tumbuh-tumbuhan yang terletak di tengah taman. Replika ini sangat unik dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berswafoto.

Hutan di Kebun Raya Bogor

Monumen Lady Raffles

Merupakan sebuah monumen sejarah yang dibangun oleh Raffles. Monumen ini terletak tidak jauh dari gerbang utama. Lady Raffles monumen ini dibangun dalam rangka mengenang kepergian Olivia Mariamne, istri Raffles.

Danau Gunting

Tidak cukup berjalan-jalan dan belajar, anda bisa menunjungi danau asri ini. Warna air danau ini cantik kehijauan. Terdapat air mancur di tengahnya menambah keindahan tersendiri.

Di seberang danau ini anda bisa melihat megahnya Istana Bogor. Sungguh tempat asik untuk bersantai dan berselfie!

Bagaimana dengan fasilitasnya? Jangan kawatir. Fasilitas umum di sini sudah dijamin lengkap. Dari mulai parkir, tempat ibadah, toilet, tempat istirahat bahkan kedai makanan minuman dan  souvenir.

Lokasi Kebun Raya Bogor

Alamat kebun raya istana bogor berada di Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Kec Paledang, Kab Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122.

Kebun Raya Bogor LPI

Lokasinya berada di tengah kota. Sehingga sangat mudah untuk dijangkau dari arah mana saja. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.  

Namun, yang anda perlu tahu adalah jalan di Istana Bogor kini sudah dibuat jalur satu arah. Anda bisa mengikuti jalan lingkar KRB jika ingin masuk ke kebun raya tanpa melalui pintu utama.

Jam Operasional KBR

Kebun Raya Bogor jam buka nya setiap hari mulai dari pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Sementara fasilitas di dalamnya tidak bisa diakses sembarang waktu. Ada jam khusus yang diberlakukan.  

Misal, Rumah Anggrek dan kedai cinderamata buka pukul 08.00 hingga 15.30. untuk Museum Zoologi buka dari 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedang Herbarium & perpustakaan bisa diakses dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Harga Tiket Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor biaya masuk nya adalah Rp. 15.000,- / orang. Sementara untuk turis asing adalah Rp. 25.000,- / orang. Untuk dapat menikmati fasilitas kendaraan keliling roda 4 dikenakan harga Rp. 30.000,-.

Spot Jalan Kebun Raya Bogor

Biaya parkir kendaraan roda 2 adalah Rp. 5.000,-. Anda juga bisa menikmati sepeda keliling dengan membayar Rp. 5.000,- saja. Anda bisa hubungi Telp/Fax. (0251)8311362 untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Vimala Hills Lokasi Instagramable di Bogor

Nah, bagaimana sobat NgetripKemana? Sudah punya bayangan untuk berlibur ke sini bukan? Yuk, beramai-ramai berekreasi dan menambah wawasan flora fauna di Kebun Raya Bogor.

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.