Rumah Hobbit Mangunan Jogja, Sensasi Berfoto Ala Film The Hobbit

Diposting pada
Rumah Hobbit Mangunan Jogja

Rumah Hobbit Mangunan Jogja – Membahas berbagai destinasi wisata di Yogyakarta memang tidak akan pernah kehabisan cerita. Tak hanya terkenal dengan candi, pantai, hutan serta kulinernya, kini ada satu objek wisata yang sedang populer di kalangan anak muda. Ya. Rumah Hobbit namanya.

Jika sobat Ngetrip pernah ke Rumah Hobbit Ngasem Park di Semarang. Atau pernah mencoba ke Rumah Hobbit di Farm House Lembang. Nah, sekarang wajib mencoba rumah hobbit hits yang sedang digandrungi wisatawan di Yogyakarta.

Sebetulnya, di Jogja terdapat dua rumah hobbit yang bisa dikunjungi. Yang satu terletak di Cangkringan. Dan satunya lagi terletak di kawasan Bantul, Dlingo, atau Mangunan. Kali ini kami akan bahas rumah hobbit di kawasan Mangunan. Ada apa saja ya?

Rumah Hobbit Mangunan Jogja

Lokasi rumah hobbit seribu batu jogja terletak di tengah hutan yang dikelilingi hutan pinus. Sehingga objek wisata ini memberikan keindahan alam tepat seperti di negeri dongeng.

Sejak dibuka pada tahun 2017, banyak pengunjung ramai mendatangi tempat ini setiap harinya. Terlebih setelah lokasi ini dijadikan salah satu lokasi syuting film horor “Keluarga Tak Kasat Mata”. Belakangan tempat ini menjadi semakin terkenal.  

Rumah Hobbit Mangunan Jogja

Secara administratif lokasi wisata ini bernama Seribu Batu Songgo Langit. Namun di dalamnya terdapat banyak spot unik berupa rumah hobbit. Sehingga orang-orang terbiasa menamai kawasan ini sebagai Rumah Hobbit Mangunan atau juga Rumah Hobbit Mangunan Jogja.  

Aktivitas dan Fasilitas

Di wisata Songgo Langit ini, anda tidak hanya melihat uniknya bentuk rumah hobbit. Di sini anda juga bisa menikmati keindahan hamparan hutan pinus.

Bahkan lokasi wisata Seribu Batu Songgo Langit sendiri juga menawarkan berbagai spot menarik untuk koleksi foto anti mainstream anda.

Namun, hanya bagian eksteriornya saja yang benar-benar menyerupai rumah hobbit. Berbeda dengan rumah hobbit di Farmhouse yang mana anda bisa masuk dan melihat-lihat bagian dalamnya.

Di sini anda hanya bisa berfoto dengan spot rumah-rumah yang luarnya mirip dengan rumah hobbti di Lord of The Rings & The Hobbit.

Tetapi jangan kawatir ya sobat, anda masih bisa menikmati keindahan alam di sekitar lokasi. Yakni hamparan hijaunya hutan pinus dan udara sejuk.

Berbagai kegiatan untuk anda lakukan di sini adalah berfoto, berjalan-jalan di area hutan pinus dan menikmati indahnya suasana alam. Tak lengkap rasanya jika ke sini tanpa berfoto. Karena banyak sekali spot instagramable yang bisa menjadi background keren foto anda.

Hal lain yang dapat anda lakukan adalah sekedar menikmati indahnya alam sekitar lokasi. Anda bisa menikmati alam sejuk dan menenangkan di sini baik dengan hanya duduk-duduk atau berjalan kaki. Kesemuanya akan membuat anda menjadi rileks dan segar kembali.  

Spot Foto

Terdapat berbagai spot foto cantik di lokasi wisata ini. Pertama, terdapat rumah seribu batu yang terletak di dekat taman. Rumah tersebut dibuat dari ranting-ranting pohon tertata rapi.  

Rumah Hobbit Mangunan Jogja

Selain itu, ada spot sayap kupu-kupu besar yang bentuknya unik tepat berada di sebelah kanan.

Di dalam taman juga terdapat sebuah batu besar. Batu tersebut dinamai Batu Purba Songgo Langit. Selain itu, anda juga akan menemukan banyak tulisan yang menginspirasi di sini. Tulisan-tulisan tersebut bisa anda manfaatkan untuk berfoto.

Tersedia juga wahana flying fox yangtarifnya Rp 15.000 per orang. Terdapat “jembatan jomblo” yang mengarahkan anda ke rumah hobbit ini. Jembatan unik tersebut bisa anda manfaatkan juga sebagai spot foto yang keren.  

Mengenai fasilitas, anda akan dapati fasilitasnya sudah cukup lengkap. Tersedia lahan parkir yang lumayan luas. Ada juga mushola, toilet, tempat sampah, dan sejumlah tempat bersantai atau duduk-duduk.

Tersedia juga sejumlah kedai makanan dan minuman bagi anda yang kebetulan lapar atua haus. Makanan di sini pun murah-murah dan lengkap. Berbagai sajian menunya diantaranya adalah nasi goreng, mie rebus/goreng, nasi ayam, bakso tusuk, camilan, minuman dan lain-lain.

Lokasi

Wisata ini masih berada satu daerah dengan Hutan Pinus Mangunan dan juga Watu Goyang Dlingo. Jadi, jika ke sini anda bisa sekalian mampir ke tempat lainnya. Letak lokasinya tepat berada di Jalan Hutan Pinus, Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Jika anda dari pusat Kota Jogja, dibuthkan waktu sekitar 35 hingga 45 menit. Jalan menuju rumah hobbit mangunan Jogja dapat diawali dari Jl. Imogiri Timur. Kemudian ambil arah Mangunan atau dari pertigaan ambil arah kanan.

Rumah Hobbit Mangunan Jogja

Sampai di Mangunan lalu ambil kiri dan jalan terus hingga sampai di lokasi. Untuk aksesnya cukup bagus.

Jalannya pun bisa dilalui baik kendaraan umum maupun pribadi. Namun anda tetap harus berhati-hati karena karena medannya di pegunungan sehingga berkelok serta naik turun.

Harga Tiket

Sementara tiket masuk ke rumah hobbit mangunan Jogja sangat murah. Anda hanya perlu membayar HTM sebesar Rp 2.000 per orang. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000. Sementara parkir mobil dihargai Rp 5.000 dan bus sebesar Rp 20.000.

Jam operasional rumah hobbit mangunan Jogja adalah setiap hari jam pagi hingga sore hari. Sebagai informasi bagi anda, jika datang ke sini sebaiknya menghindari musim hujan.

Pada saat musim hujan, lokasi di sini akan sangat becek dan licin karena areanya amsih berbentuk tanah asli. So, usahakan ke sini pada waktu kering ya sobat Ngetrip.

Baca Juga: Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Hingga Sensasi Sandboarding

Bagaimana sobat? Sepertinya seru bukan berwisata di rumah ala-ala film The Hobbit? Kamu bisa berfoto dengan latar keren dan instagenic! Ayo agendakan liburanmu ke Rumah Hobbit Mangunan Jogja.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.