Lokasi Peristirahatan Keluarga Kerajaan Situs Warungboto

Diposting pada
Situs Warungboto

Tamansari adalah salah satu objek wisata di Yogyakarta yang paling terkenal. Tamasari Yogyakarta adalah salah satu pemandian milik Kerajaan Yogyakarta. Namun tahukah kamu bahwa ada pemandian milik Kerajaan Yogyakarta yang baru-baru ini mencuri perhatian masyarakat luas yaitu Situs Warungboto.

NamaSitus Warungboto
Harga Tiket MasukRp 3.000
Jam Buka 06.00-18.00 WIB
Tipe WisataSejarah
Fasilitas Umum Toilet,Warung makan, Parkir
Kontak
Alamat Jalan Veteran Nomer 77, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta

Apakah kamu penasaran dengan pemandian pribadi milik Raja Yogyakarta? Simak artikel di bawah ini untuk menemukan lokasi, harga tiket masuk, serta perbedaan pemandian Warungboto dan Tamansari.

Pemandian Situs Warungboto

Raja Yogyakarta memiliki sebuah pemandian pribadi yang megah, salah satunya adalah Situs Warungboto. Pesanggrahan Rejawinangun atau yang dikenal sebagai Situs Warungboto adalah pemandian milik Sri Sultan Hamengku Buwono ke II pada tahun 1785.

Situs Warungboto

Namun setelah tidak dipakai oleh keluarga keraton pemandian ini digunakan oleh masyarakat sekitar sampai tahun 1935. Ketika Indonesia merdeka masyarakat tidak pernah menggunakan tempat ini sebagai tempat pemandian.

Tempat ini tidak hanya dijadikan pemandian namun juga tempat beristirahat keluarga kerajaan. Pada tahun 2010 sebenarnya Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB Jogjakarta melestarikan pemandian ini sebagai bangunan cagar budaya di Yogyakarta. Namun peresmian baru saja dilakukan yaitu pada tanggal 23 Desember 2016.

Kemegahan Arsitektur Situs Warungboto

Situs pemandian Jogja ini mempunyai kemiripan dengan Pemandian Tamansari. Kemiripan tersebut dapat kamu saksikan dari dinding-dinding yang tebal dan kokoh. Selain itu kamu bisa menemukan lorong yang memilik atap berbentuk melengkung dan dua buah kolam.

Situs Warungboto

Kolam tersebut saling terhubung dan bentuk keduanya berbeda. Satu kolam berbentuk persegi dan satu kolam lainnya berbentuk lingkaran. Kamu pun bisa menemukan sebuah sumber mata air yang terletak di tegahnya. Pesanggrahan Rejowinangun ini memiliki tempat beristirahat, segaran kolam, taman dan kebun.

Kamu bisa menyaksikan sisa-sisa bangunan persitirahatan di sis barat dan sisi timur Sungai Gajah Wong. Banguna di sisi sebelah barat adalah kamar yang dilengkapi dengan teras. Kamu pun bisa menyaksikan kolam dengan diameter 4,5 m kedalaman 0,5 m dan kolam bujur sangkar dengan panjang 10 m kedalaman 0,75 m..

Alamat Situs Warungboto

Dimanakah lokasi Situs Warungboto? Situs Warungboto terletak di Jalan Veteran Nomer 77, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Jarak Situ Warungboto dari pusat kota hanyalah 8 km saja.

Situs Warungboto

Kamu hanya membutuhkan waktu 24 menit berkendara dari pusat Kota Yogyakarta. Taman Air Warungboto ini dekat sekali dengan XT Square Yogyakarta.

Rute menuju Pesanggrahan Rejowinangun sangat  mudah. Jika kamu berada dari pusat Kota Yogyakarta kamu bisa mengambil arah ke Jalan Margo Utomo, Jalan Mataram. Setelah melewati perempatan pertama kamu bisa belok ke Jalan Juminahan lalu menuju Jalan Ki Mangunsarkoro.

Kamu bisa mengambil jalur menuju Jalan Kusumanegara lalu lurus saja menuju persimpangan Pabrik Sarihusada lalu berbelok ke Jalan Veteran. Maka kamu akan sampai ke Situs Warungboto. Untuk menuju lokasi sebaiknya kamu menggunakan kendaraan roda dua karen akses jalan yang bisa digunakan adalah one way acces.

Fasilitas Pemandian Situs Warungboto

Fasilitas yang bisa kamu gunakan di Situs Warungboto adalah:

  • Toilet
  • Warung makan
  • Parkir

Tips Berwisata Ke Situs Warungboto

Berikut adalah tips yang bisa kamu gunakan ketika berlibur di Situs Warungboto:

  • Jagalah tata krama dan sopan santun karena lokasi objek wisata ini berada di tengah pemukiman pada penduduk.
  • Datanglah pada pagi atau sore hari untuk menghindari sengatan matahari. Jam Operasional Situs Warungboto setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB.
  • Jangan mencoret-coret atau merusak bangunan serta fasilitas.

Melestarikan Budaya di Situs Warungboto

Situs Warungboto meruapakan miniatur dari TamanSari Yogyakarta. Selain menemukan kolam pemandian kamu bisa menemukan kamar-kamar yang dahulu digunakan untuk beristirahat oleh keluarga Kerajaan Keraton Yogyakarta.

Situs Warungboto

Pengunjungpun datang dari berbagai kalangan. Namun tidak ada salahnya untuk mengajak buah hati kamu untuk berlibur di Situs Warungboto. Selain berwisata kamu juga bisa menanamkan cinta budaya sejak dini.

Baca juga : Taman Sari Jogja Pesona Wisata Kuno di Kota Gudeg

Nah untuk menikmati situs ini kamu bisa datang pada sore hari dan itulah waktu populer pengunjng.Kebanyakan pengunjung duduk menikmati kemegahwan bangunan atau berfoto selama satu jam.

Harga Tiket Masuk Situs Warungboto

Berapakah harga tiket masuk Situs Warngboto? Kamu tidak akan dipungut biaya sepeserpun untuk menikmati kemegahan dan keindahan Pemandian Rejowinangun ini. Namun sebagai gantinya kamu harus membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000,00.

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.