Taman Sari Jogja Pesona Wisata Kuno di Kota Gudeg

Diposting pada

Taman Sari Jogja

Menikmati hari libur tentu saja akan terasa seru ketika Anda mengunjungi sebuah tempat wista keren. Yogyakarta bisa dijadikan spot wisata utama karena terdapat destinasi bernama Taman Sari Jogja.

Bukan hanya dari sisi keindahan dan keunikan. Tetapi tempat satu ini juga memiliki kisah sejarah.

Jika kita melihat tempat wisata di Kota Gudeg ini memang sangat beragam. Bahkan tema wisata kuno seperti Taman Sari ini akan selalu dijadikan objek wisata.

Pengunjung tempat wisata ini akan selalu mengincar banyak spot berfoto. Karena memang desain bangunannya masih kental dengan unsur kerajaan masa lalu. Lalu seperti apa daya tarik dan fasilitas di tempat wisata ini?

Daya Tarik Taman Sari Jogja

Menjadi salah satu tempat wisata unik dan klasik di Yogyakarta. Tentu saja Taman Sari selalu memberi banyak kenangan hingga pengalaman seru bagi pelancong. Tidak jarang pelancong mendapatkan wisata edukasi hingga sejarah yang ada di tempat satu ini.

Taman Sari Jogja

Tidak berbeda dari lokasi keraton ataupun tempat bersejarah bertema keraton. Dimana Taman Sari ini dahulu kala menjadi kawasan bersejarah.

Menurut beberapa sumber memang ada banyak spot bertema kolam ataupun pemandian. Karena memang di zaman dahulu Taman Sari ini menjadi spot pemaindian para ratu ataupun keluarga kerajaan.

Suasana kuno sangat kental terlihat di Taman Sari Jogja. Karena pengunjung bisa menikmati beberapa bentuk bangunan unik dan berbeda dari lainnya.

Pada zaman dahulu istana air tersebut memiliki luas mencapai 10 hektar lebih. Sedangkan dari kompleks bangunan di dalamnya mencapai 57 buah.

Dari komposisi bangunan di dalamnya memang menghadirkan banyak jenis bangunan. Beberapa kompleks kolam pemandian, jembatan gantung, danau buatan, kanal air, hingga lorong bawah tanah dan taman juga tersaji.

Sedangkan dari sisi gaya arsitekturnya sendiri memang masih kental dengan tema Jawa dan Portugis.

Jadi Anda akan puas melihat beragam keunikan yang sekarang terdapat di dalam destinasi budaya salah satunya Taman Sari. Bangunan unik Taman Sari ini juga memiliki sebutan asing yakni The Fragrant Garden.

Taman Sari Jogja

Bahkan para pecinta foto sudah banyak yang mengabadikan momen di tempat tersebut.

Bukan hanya dijadikan tempat wisata saja. Tetapi Taman Sari Jogja ini juga dijadikan objek foto prewedding. Maka tak heran bila sesi foto pernikahan seringkali terlihat di sekitar lokasi. Karena memang kesan antik kuno sangat kental di destinasi wisata satu ini.

Waktu terbaik mengunjungi Taman Sari adalah saat musim kemarau. Karena dari segi keunikan bangunan di dalamnya akan lebih mudah ketika Anda berfoto dalam situasi tidak hujan.

Sedangkan dari destinasi wisata lain di dekat Taman Sari juga bisa jadi pilihan. Diantaranya Malioboro, Keraton dan Taman Pintar.

Harga Tiket Masuk Taman Sari

Selain menikmati keunikan dan keindahan dari Taman Sari. Anda juga wajib membayar tiket masuk ke Taman Sari Jogja. Untuk setiap wisatawan lokal dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000.

Taman Sari Jogja

Sedangkan untuk wisatawan asing mencapai Rp 12.000. Namun bagi fotografer juga wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 2.000.

Fasilitas tempat parkir di destnasi wisata ini terbilang mencukupi dan luas. Sedangkan dari harga tiket parkirnya mencapai Rp 2.000 untuk sepeda motor. Kemudian Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas tempat ibadah, dan toilet juga tersedia di destinasi ini. Sehingga akan jadi sebuah pilihan terbaik bagi pecinta wisata kuno.

Jam Operasional Taman Sari Jogja

Destinasi budaya di Yogyakarta ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 15.00WIB. Dari durasi cukup lama tersebut pengunjung juga bisa menikmati beragam fasilitas baik itu spot berfoto ataupun beberapa fasilitas tempat makan di sekitar lokasi.

Akses Lokasi ke Taman Sari Jogja

akses menuju lokasi Taman Sari Jogja ini terbilang mudah. Karena berada di Taman, Patehan, Kraton, Yogyakarta. Tepatnya berada di sebelah barat alun-alun kidul Yogyakarta. Bila Anda memulai perjalanan dari arah Malioboro juga akan lebih dekat.

Ambil arah ke Alun-Alun lor Yogyakarta kemudian ambil jalan ke barat alun-alun. Nantinya akan menjumpai perempatan pertama kemudian ambi arah kiri dan ikuti jalan tersebut.

Taman Sari Jogja

Nantinya Anda akan menjumpai pertigaan pasar Ngasemyang. Lalu ambil arah kiri dan ikuti jalannya kurang lebih 1km kemudian akan menjumpai papan nama destinasi wisata Taman Sari. Google Maps

Sebuah destinasi budaya di Yogyakarta dimana Taman Sari Jogja ini akan semakin banyak diminati. Nikmati semua aktivitas di Taman Sari. Karena destinasi wisata ini selalu memberi banyak pengalaman baru bagi pengunjungnya.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Bepergian membuat orang sederhana. Anda melihat betapa kecilnya tempat yang Anda tempati di dunia.