34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran

Diposting pada
Wisata Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki luas 37,54 km2. Dengan luas tersebut, terdapat sekitar 32% lahan perumahan dan 38% tanah pertanian.

Sisanya adalah mayoroitas lahan terbuka hijau dan lahan yang dimanfaatkan untuk tempat wisata Cirebon. Tak heran, jika potensi wisata di Kota Udang sekaligus Kota Wali ini cukup tinggi.

Meskipun sebetulnya Kota Cirebon lebih populer dengan kisah sejarah dan nuansa religi. Banyak objek wisata lainnya yang lebih kekinian dan menarik untuk dikunjungi.

Penasaran kan ada wisata apa saja di Cirebon? Yuk, simak deskripsi singkat wisata Cirebon 2019 berikut ini.

Rangkuman Tempat Wisata Cirebon Terbaru 2019

Tahukah anda yang paling menarik di Cirebon adalah karena dahulu menjadi pusat penyebaran Islam? Sehingga banyak sekali situs dan peninggalan sunan dan penyebar Islam dari masa lampau.

Namun lebih dari itu, di kota ini juga ada banyak potensi wisata lain yang bervariasi lho. Nuansa alamnya saja tak kalah dengan wisata Majalengka ataupun wisata Kuningan. Mari kita buktikan.

Keraton Kasepuhan Lemahwungkuk

Jika berkunjung ke Cirebon, hal pertama yang wajib anda lakukan adalah mengunjungi wisata budaya di Cirebon. Salah satunya adalah yang dibangun pada tahun 1529 ini.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 1

Keraton Kasepuhan Cirebon didirikan oleh Pangeran Mas Mohammad Arifin. Di dalamnya terdapat koleksi benda peninggalan sunan, seperti rebana, gamelan Degung, kereta kuda, dan banyak lagi.

Untuk memasuki lokasi keraton hanya dibutuhkan biaya Rp 15.000. Jam operasional wisatanya adalah setiap hari pukul 08.00-18.00.

Alamat: Jl. Kasepuhan No. 43, Kanoman, Lemahwungkuk, Cirebon, Jabar.

Selain keraton Kasepuhan, ada lagi destinasi keraton lainnya yaitu Keraton Kacirebonan.

Keraton Kacirebonan Pulasaren

Yang satu ini dibangun oleh Sultan Cirebon I di tahun 1800. Koleksi di dalamnya adalah berbagai benda bersejarah dari masa lalu.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 2

Bangunan keratonnya juga sangat artistik yang memadukan gaya tradisional, China serta Belanda. Tarif masuknya masih sama yaitu Rp 15.000, untuk jam buka nya pukul 08.00-17.00 saja.

Alamat: Jl. Pulasaren, Desa Pekalipan, Kecamatan Pulasaren, Cirebon, Jabar.

Ada satu lagi bangunan keraton di Cirebon untuk menambah pengetahuan anda, namanya Keraton Kanoman. Ada apa saja ya di dalamnya?

Keraton Kanoman Lemahwungkuk

Keraton Kanoman dibangun oleh Pangeran Muhammad Badridin atau Sultan Anom I di tahun 1678. Sampai sekarang, keraton ini masih digunakan sebagai rumah Sultan XII atau Raja Muhammad Emirusin.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 3

Di dalamnya anda bisa temukan peninggalan sejarah yang unik. Diantaranya adalah kereta kencana Paksi Naga Liman, kereta Jempana, dll.  

Biaya masuk keraton ini cukup murah hanya Rp 7.000 saja. Untuk jam bukanya mulai dari pukul 09.00-17.00.

Alamat: Jl. Winaon Kampung Kanoman, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon, Jabar.

Tak hanya keraton, sepertinya kurang lengkap pula tanpa berkunjung ke wisata religi Cirebon. Ada beberapa opsi yang bisa anda kunjungi.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa Lemahwungkuk

Opsi pertama adalah Masjid Agung yang dibangun di tahun 1480. Konon, Masjid Agung Sang Cipta Rasa didesign oleh Sunan Kalijaga dan Raden Sepat (arsitek Kerajaan Majapahit).

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 4

Bentuk masjidnya sarat dengan unsur Jawa dengan limasan tanpa menara. Masjid ini juga penuh dengan makna filosofi yang dikaitkan dengan jumlah wali yang 9 orang.

Alamat: Jl. Jagasatu, Kasepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat 45114.

Selain masjid, ada juga beberapa pilihan wisata religi yang menjadi favorit masyarakat muslin nusantara. Salah satunya adalah makam Sunan Gunung Jati.

Makam Sunan Gunung Jati Astana

Makam Sunan ini tak pernah sepi pengunjung tiap tahunnya. Selain karena menjadi tempat berziarah, arsitektur bangunannya juga unik sehingga menarik bagi wisatawan.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 5

Alamat: Jl. Sunan Gunung Jati, Desa Gunung Jati, Kecamatan Astana, Cirebon, Jabar.

Jika sudah puas berwisata sejarah dan religi, nah ada baiknya anda mencoba melihat-lihat batik khas Cirebon. Salah satu toko batik terkenal di Cirebon adalah kampung Batik Trusmi.

Kampung Batik Trusmi Weru

Di lokasi ini, anda tak hanya sekedar melihat-lihat dan belanja kain batik dengan harga murah. Anda juga berkesempatan belajar membatik. 

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 6

Di beberapa tokonya ada fasilitas workshop membatik untuk pengunjung. Jadi buka cuma Pekalongan, Jogja atau Solo saja ya yang punya batik.

Alamat: Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Cirebon, Jabar.

Puas membatik, anda bisa lanjutkan eksplorasi kota udang ini untuk mencoba wisata lain. Mungkin salah satu destinasi wisata keluarga di Cirebon ini bisa menjadi alternatif.

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani Lemahwungkuk

Ya, Cirebon Waterland merupakan sebuah tempat rekreasi keluarga yang menarik untuk dikunjungi. Luasnya sekitar 3 hektar dengan banyak wahana serta arena playground dan kolam renang.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 7

Selain itu, ada juga restoran kapal Khas bajak laut dengan berbagai macam hidangan dan dessert lezat dan saung-saung unik. Tarif untuk tiket masuknya Rp50.000 – Rp65.000 dan jam buka mulai jam 06.00 – 21.00. Selengkapnya baca di Cirebon Waterland

Alamat: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111

Masih di Cirebon, ada lagi destinasi wisata yang menawarkan wahana permainan air. Yaitu dikenal dengan Jempol Waterboom Cirebon.

Jempol Waterboom Ciledug

Di taman wisata air ini, anda akan dapati fasilitas dan wahana permainan yang lengkap. Hanya dengan membayar Rp 25.000, anda sudah bisa puas berenang dan bermain air di sini.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 8

Sangat menarik kan? Terlebih HTM nya juga murah. Untuk jam buka wisatanya adalah dari pukul 08.00-16.30.

Alamat: Jl. Merdeka utara Km.233 ( pintu keluar tol, Jl. Tol Kanci – Pejagan, Ciledug Lor, Ciledug, Cirebon, Jawa Barat, 45188.

Masih tentang wisata air di Cirebon, ada lagi alternatif lainnya yaitu Apita Waterboom. Apa ya uniknya wahana air di sini?

Apita Waterboom Kedawung

Tempat rekreasi seluas 10.000 m2 ini menawarkan 2 macam wahana seluncur. Seluncur pertama memiliki ketinggian 15 meter khusus untuk dewasa dan 2 buah lebih rendah untuk anak-anak.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 9

Apita Waterboom menjadi favorit warga sekitar. Selain karena unik, harga tiketnya sangat murah yaitu Rp 10.000-Rp15.000 saja.

Alamat: Jalan Tuparev, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat 45153Tertarik? Anda bisa kunjungi tempat wisata ini pukukl 08.00 hingga 17.00. Jika tidak, anda bisa mencoba destinasi wisata lainnya di Cirebon, seperti Taman Siwalk ini.

Taman Wisata Situ Patok (Siwalk) Mundu

Apa sih menariknya taman wisata ini? Di taman seuas 30 Ha ini anda bisa menikmati altivitas di alam yang seru dengan view Gunung Ciremai.

34 Wisata Cirebon Instagramable yang Cocok untuk Plesiran 10

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan adalah camping, outbound, main golf. Tak hanya itu, fasilitas pendukung lainnya seperti villa, waterboom, kolam renang, waterboom juga tersedia.

Alamat: Setu Patok, Setupatok, Mundu, Cirebon, Jawa Barat.

Untuk tarif masuk wisata Siwalk ini gratis, tetapi fasilitas dna wahananya dibandrol mulai dari Rp 15.000-Rp 100.000. Jam buka wisata sendiri adalah pukul 08.00-18.00.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *