Taman Ujung Karangasem Bali Lokasi Foto Terbaik Prewedding

Diposting pada
Taman Ujung Karangasem Bali

Jika anda sedang berada di kawasan Bali Timur sebaiknya anda mampir ke sebuah taman. Taman tersebut adalah Taman Ujung Soekasada Karangasem.

NamaTaman Ujung
Harga Tiket MasukRp 10000 – Rp 600000
Jam Buka08:00 – 17:00 WITA
Tipe WisataKeluarga, Sejarah
Fasilitas Umum
Kontak0812 3858 7810
AlamatDesa Tumbu, Karang Asem, Karang Asem, Bali

Taman air tersebut memiliki keindahan yang unik dan bersejarah. Anda harus membaca artikel di bawah ini untuk mengetahui seluk beluk Taman yang akan anda kunjungi kelak.

Taman Air Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung atau yang disebut dengan Tirta Gangga ini adalah sebuah taman air yang indah. Anda akan mendapatkan pemandangan yang indah dari kolam air dan istana khas Bali yang menawan.

Taman Air Taman Ujung Karangasem

Anda akan menemui sebuah bangunan yang tidak beratap di sebalah barat taman. Anda bisa naik ke atas bangunan dengan menaiki beberapa tangga. Anda akan menemukan istana air dengan arsitektur yang unik dan indah.

Berwisata menikmati indahnya hutan pinus: Rumah Pohon Songgon

Terdapat 3 buah taman air dengan 1 kolam di sebelah selatan dan 2 kolam disebelah utara. Terdapar juga sebuah bangunan yang disebut dengan Bale Bengong yang terletak di tengah kolam sebelah selatan.

Terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan kolam utara dan selatan. Anda pun bisa menemukan keindahan istana air yang terletak ditengah-tengah kolam.

Istana tersebut sering disebut dengan Istana Gantung. Anda pun juga bisa menemukan keindahan birunya laur dari Pantai Ujung disebelah tenggara Taman.

Sejarah Taman Ujung

Tahukah anda cerita dibalik pembangunan Taman ini? Berikut adalah sejarah pembangunan Taman Ujung.

Sejarah Taman Ujung

Taman Ujung adalah sebuah taman air yang dimiliki oleh Kerajaan Bali Kuno yaitu Kerajaan Karangasem. Taman air tersebut dibangun pada jaman pemerintahan I Gusti Bagus Jelantik.

Taman yang disebut juga dengan Taman Soekasada dibangun pada tahun 1901 yang berupa istana air. Pada dahulu kalam istana air ini disebut dengan Kolam Dirah yang berfungsi sebagai kolam pembuangan untuk orang-orang yang memiliki ilmu hitam.

Raja Karangasem pun memerintahkan arsitek Belanda dan Bali untuk memperluas kolam sebagai tempat peristirahatan Raja Karangasem. Selain itu tempat ini juga digunakan oleh Raja Karangasem sebagai tempat bersemedi dan penjamuan tamu.

Taman air tersebut pun selesai dibangun pada tahun 1921. Taman Ujung Soekasada Karangasem pun menjadi hak milik pribadi Keluarga Kerajaan Karangasem yang ditandai dengan Prasasri Marmer.

Renovasi Taman Ujung Karangasem

Nah selain sejarah Taman Ujung anda juga harus tahu tentang renovasi yang dilakukan pada bangunan bersejarah ini. Pada tahun 1963 Taman ini pernah mengalami kerusakan parah yang terjadi karena letusan Gunung Agung.

Renovasi Taman Ujung Karangasem

Pada saat itu tidak ada orang yang perduli dengan kelangsungan Taman Ujung Karangasem ini. Pada tahun 2000 barulah terjadi renovasi untuk memperbaiki kondisi Taman.

Rekomendasi wisata air pilihan untuk Anda: Giri Tirta Kahuripan

Puri Karangasem dan Pemerintah Kabupaten Karangasem memugar bangunan taman. Anda pun sekarang dapat menikmati kembali taman bersejarah di Bali ini..

Lokasi Taman Ujung Bali

Dimana letak lokasi wisata ini? Taman Ujung terletak di Desa Tumbu, Karang Asem, Karang Asem, Bali.

Lokasi Taman Ujung Bali

Jarak tempat ini dari Bandara Ngurah Rai adalah 80 km yang bisa anda tempuh selama 2 jam. Taman Air Ujung masih termasuk di kawasan Bali Timur.

Nah jika nada ingin bermain dengan lebih seru anda juga bisa mampir ke Pantai Jasri atau pun Tirta Ujung Water Spring. Jika anda lebih suka berwisata budaya anda juga bisa mengunjungi Pura Lingga Yoni yang lokasinya berdekatan dengan Taman Ujung Bali.

Penginapan Dekat Taman Ujung Bali

Jika anda berkunjung ke Taman ini dan menginginkan bermalam di kawasan Karangasem anda bisa menemukan beberapa penginapan. Penginapan tersebut adalah:

  • Taman Ujung Resort & Spa
  • Gumi Bali Villa
  • Aashaya Jasri Resort

Keunikan Taman Ujung Soekasada

Taman yang terletak di Karangasem ini memang terkenal dengan keindahan dan sejarahnya. Namun siapa sangka bahwa lokasi wisata ini terkenal juga dengan spot cantik foto prewedding.

Banyak pasangan yang datang ke Taman ini untuk melakukan pemotretan. Mereka bisa mendapatkan pemandangan yang indah dari bangunan istana air dengan gaya arsitek Eropa dan Bali.

Banyak dari pengunjung yang menghabiskan waktu selama 1,5 jam di istana air ini. Kebanyakan dari mereka pun datang pada siang hingga menjelang sore hari untuk mendapatkan pemandangan yang indah.

Harga Tiket Taman Ujung

Berapa harga tiket masuk wisata? Harga tiket Taman Ujung sebesar Rp 10.000,00/ orang untuk dewasa maupun anak-anak. Sedangkan jika anda ingin melakukan sesi foto pre wedding anda harus membayar sebesar Rp 600.000,00/ crew.

Bagi anda yang berkunjung dan membawa kamera DSLR atau kamera profesional anda dikenakan biaya Rp 50.000,00. Anda bisa data untuk menikmati keindahan taman maupun untuk berfoto mulai dari pukul 08.00-17.00 WITA.

Jam operasional tersebut berlaku setiap hari mulai hari Senin-Minggu. Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi ke  0812 3858 7810.

Nah itulah sejarah, struktur bangunan dan harga tiket masuk. Jadi jika anda berwisata ke Taman ini siapkan kamera anda ya.

Kunjungi juga Air terjun pelangi di Jawa Barat: Curug Cimahi

Jangan sampai kelewatan untuk mengabadikan momen indah dengan latar belakang indah. Yuk berwisata ke Bali.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.