Curug Cibaliung: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Curug Cibaliung

Curug Cibaliung – Penatnya aktivitas padat di kota metropolitan seperti Jakarta membuat anda ingin mengasingkan diri sejenak. Nah, kini tidak perlu jauh-jauh lagi jika ingin menikmati panorama alam asri. Terutama di daerah sekitar Jakarta.

Kisaran Harga TiketRp15.000
Kontak– 08210000
Jam Buka24 Jam
WilayahBogor

Ada yang siap memanjakan mata, hati dan pikiran anda dengan sejuk dan indahnya pemandangan air terjun. Yaitu Pengalengan.

Sekilas Tentang Curug Cibaliung

Curug dalam Bahasa Indonesia disebut dengan air terjun. Jadi, air terjun Cibaliung ini merupakan satu diantara beberapa curug di kawasan Bogor. Curug ini dikenal sebagai curug terdalam di daerah tersebut.

Banyak wisatawan berkunjung ke curug ini karenan memang tempatnya yang bersih dan masih asri. Di samping itu, air curugnya pun masih sangat jernih dikelilingi oleh bebatuan besar. Penasaran? Yuk buktikan sendiri sekarang!

Aktivitas dan Pesona Wisata

Anda tak perlu berpetualang jauh untuk dapat menikmati nuansa alam curug ini. Cukup ke air terjun Cibaliung ini, banyak hal menarik menanti anda. Diantaranya petualangan seru, kegiatan trekking, spot foto menarik, plus keindahan alam serta kejernihan air terjunnya.

Untuk dapat menikmati keindahan curug Cibaliung ini tidak serta merta. Jadi, anda perlu berjuang melewati track menantang sebelum sampai di lokasi curug nya. Sesampainya di lokasi ini, anda harus menitipkan kendaraan di lokasi parkir.

Ohya, akan lebih baik jika parkir di paling ujung. Lokasi tersebut berada paling lebih dekat dengan curug, dengan begitu dapat menghemat tenaga.

Setelah parkir, anda juga harus melakukan kegiatan tracking kurang lebih 1-1,5 jam. Dengan medan menantang dan turun naik, hal ini akan memberi kesan tersendiri bagi petualangan anda.

Meski belum sampai lokasi, selama perjalanan tracking anda akan menemui beberapa warung di kiri kanan ditambah area peristirahatan. Jadi jangan kawatir anda tidak akan kelaparan sebelum sampai lokasi.  

Dalam perjalanan menuju curug, anda pun akan melewati beberapa curug lain yaitu Leuwi Lieuk dan Leuwi Cipet. Selanjutnya ambil jalur kanan dari curug Leuwi Lieuk, 50 meter setelahnya ambil jalur kiri.

Dari sini, akan terdapat sebuah sungai, lalu lanjutkan perjalanan menyusuri sungai sekitar 20-30 menit. Hingga akhirnya tiba di lokasi Curug Cibaliung.

Baca juga: Wisata Alam air Bersama Keluarga di Curug Luhur

Seperti yang telah disebutkan, curug ini merupakan lokasi curug terdalam. Pengunjung curug masih terbilang belum banyak. Sehingga tempatnya masih sepi dan sangat asri. Berbeda dengan beberapa curug lain seperti Curug Leuwi Hejo yang padat pengunjung.

Air Jernih dengan Background yang Indah

Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun debit airnya cukup deras serta jernih. Warna sungainya hijau toska bahkan lebih terlihat jelas dan jernih saat musim panas. Menyusuri sungai di air terjun ini juga memberikan keistimewaan tersendiri.

Selain airnya yang jernih, banyak bebatuan raksasa di sekeliling air terjun ini menimbulkan sensasi menyenangkan. Anda pun bisa menjadikan view air terjun yang memiliki pemandangan bebatuan tersebut sebagai background foto indah anda.

Saking indahnya panorama curug ini, seakan kita tidak sedang berada di sekitar kota Jakarta. Namun, lebih baik untuk tidak berkunjung saat musim penghujan.

Karena area tracking menjadi sangat licin dan resiko terjatuh lumayan tinggi. Selain itu, antisipasi terhadap adanya banjir bandang.

Fasilitas Pendukung

Kemudian, karena wisata ini masih baru, fasilitasnya masih sangat minim. Namun, sudah cukup membantu. Beberapa fasilitas untuk membantu pengunjung adalah petunjuk jalan dan area parkir.

Ada juga beberapa warung di sekitar lokasi wisata, terutama di sepanjang arah menuju ke lokasi curug. Di samping itu ada juga fasilitas penitipan, tempat ganti dan kamar mandi di area Leuwi Hejo. Dari situ anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Curug Cibaliung.

Selain itu, perlu adanya pengelolaan dan perhatian lebih baik dari ppihak pemerintah. Hal tersebut dalam rangka meningktakan pelayanan serta pengadaan fasilitas di area wisata ini.

Di samping itu, juga untuk menghindari adanya oknum yang mengatas namakan warga bahkan pengelola wisata.

Baca juga: Tidak kalah Menarik Eksotis Curuh Ciherang

Perlunya ada perbaikan serta pengadaan fasilitas lain untuk menunjang majunya Curug Cibaliung. Yaitu dengan adanya toilet, kamar mandi, serta tempat membuang sampah. Hal ini dapat mempermudah serta memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung.

Ohya, selain panorama curu ini. Masih ada banyak spot wisata menarik untuk ditemui di sini. Contohnya adalah Curug Barong, Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Cipet, serta Curug Leuwi Lieuk. Sehingga, anda bisa lebih puas menikmati panorama di sini.

Lokasi dan Rute Wisata

Sebelum berkunjung. Ada informasi penting mengenai lokasi. Bila Anda akan ke lokasi Curug Ciung Cibaliung tidak berada jauh dari kota Jakarta. Tepatnya berada di Kampung Wadung, Karangtengah, Babakan Madang, Bogor. Dari Jakarta, bisa menggunakan kendaraan pribadi dan berangkat dari tol Jagorawi serta keluar melalui Sentul City.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati kawasan air terjun ini, anda perlu membayar tiket masuk. Biaya retribusiya adalah sebesar Rp15.000 di lokasi pertama yaitu di Leuwi Hejo. Selain itu, Anda juga harus membayar Rp5.000 untuk biaya parkir.

Sementara tiket masuk Curug Cibaliung Bogor sendiri adalah sebesar Rp.5.000,00. Untuk dapat menikmati fasilitas kamar mandi dan penitipan barang, biayanya masing-masing sebesar Rp2.500.

Nah, percaya kan masih bisa menikmati indahnya panorama alam air terjun di daerah tidak jauh dari Jakarta. Kalau masih belum yakin, yuk kunjungi Curug Cibaliung dan buktikan sendiri keindahannya!

Facebook
Twitter
WhatsApp

Tinggalkan komentar