Curug Leuwi Hejo Green Canyon Ala Bogor

Diposting pada
Curug Leuwi Hejo Green Canyon Ala Bogor

Liburan adalah saat-saat yang dinanti oleh para masyarakat terutama anak sekolahan. Pada masa liburan banyak masyarakat yang berbondong-bondong menuju tempat rekreasi. Namun sejalan dengan perkembangan jaman banyak objek wisata yang didirikan dengan menggunkan teknologi canggih.

NamaCurug Leuwi Hejo
Harga Tiket MasukRp 5000 – Rp 15000
Jam Buka07:00 – 17:00 WIB
Tipe WisataAlam
Fasilitas UmumArea Parkir, MCK, Tim SAR, Warung Makan
Kontak 0857-7055-2260
AlamatDesa Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Tidak dipungkiri bahwa masyarakat lebih memilih objek wisata yang menawarkan kecanggihan teknologi dari pada objek wisata alam. Namun siapa sangka pesona objek wisata alam Curug Leuwi Hejo tetap menjadi primadona bagi warga sekitar Cibadak, Bogor, Jawa Barat. Jika anda penasaran dengan daya tarik curug ini simaklah artikel dibawah ini.

Curug Tercantik Di Bogor Curug Leuwi Hejo

Curug Tercantik Di Bogor Curug Leuwi Hejo

Bogor merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki banyak objek wisata alam. Karena lingkunganya yang masih alami maka tidak heran banyak wisata alam yang indah. Salah satu curug teralami di Bogor adalah Curug Leuwi Hejo.

Mampir juga ke curug lainnya, Curug Gomblang

Curug ini disebut-sebut oleh warga sekitar sebagai miniatur dari Green Canyon. Inilah Green Canyon ala kota Bogor. Simak terus seperti apa keseruan bermain di Green Canyon-nya orang Bogor ini.

Sejarah Curug Leuwi Hejo

Sejarah Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo berasal dari dua kata yaitu Leuwi dan Hejo. Leuwi dan Hejo berasal dari bahasa Sunda. Leuwi berarti sebuah tempat dari bagian sungai yang digunakan sebagai tempat pemandian.

Sedangkan Hejo berarti warna hijau. Warna hijau yang dimaksud adalah warna air yang jernih. Kejernihan air tersebut menimbulkan warna gradasi yang cantik yaitu hijau kebiruan. Itulah mengapa curug ini dinamakan Curug Leuwi Hejo.

Sebelum terkenal curug ini dikenal oleh warga sekitar dengan nama Curug Bengkok. Kenapa disebut bengkok? Karena aliran air yang berasal dari air terjun tersebut tidak lurus. Bahkan sungai-sungai yang berada disekitar curug pun juga berbelok-belok.

Walaupun curug ini terbentuk secara alami yang mana sudah terbentuk sejak lama namun LMDH baru membuka curug ini pada tahun 2014. Sejak diresmikan oleh LMDH curug ini terus mendapat popularitas. Banyak traveller dan blogger menceritakan keindahan curug ini sehingga banyak masyarakat Bogor dan sekitarnya mengunjungi Curug Leuwi.

Keindahan Alami Dari Curug Leuwi Hejo

Keindahan Alami Dari Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo di Bogor ini mampu menghipnotis banyak pengunjung. Bagaimana bisa curug ini menghipnotis para traveller? Rimbunya pepohonan yang berwarna hijau, kesegaran air, sejuknya udara dan pantulan air yang berwarna hijau toska menambah kesan eksotis dari Curug Leuwi.

Baca juga, wisata alam curug lainnya, Curug Cibaliung

Disepanjang perjalanan pun anda akan disuguhkan dengan panorama alam indah yang tiada putusnya. Curug ini pun hanya terletak sejauh 300 m dari area parkir. Untuk menuju curug ini anda bisa melewati jalur yang telah dibangun oleh pengelola. Jalurnya pun sudah rapi dan mudah untuk dilalui.

Selama perjalanan pun anda bisa mendengar suara gemericik air yang berasal dari air terjun. Suara gemericik air terjun tersebut seakan-akan memanggil anda untuk segera menceburkan diri ke curug ini.

Anda akan menemukan sebuah kolam atau bak alami dibalik rindangnnya pepohonan. Ditepian kolam tersebut berjejer rapi batuan yang tersusun secara alami. Bagi para pengunjung yang yang ingin memacu adrenalin maka anda bisa mencoba melompat dari tepi batuan.

Selain itu banyak spot foto yang bisa dicoba. Curug ini pun merupakan area berfoto terfavorit karena menyediakan pemandangan alam yang indah.

Lokasi Curug Leuwi Hejo

Lokasi Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo terletak di Desa Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Curug ini pun terletak diantara dua Gunung. Gunung-gunung tersebut adalah Gunung Leutik dan Gunung Pasir Peteuy. Karena diapit oleh dua gunung maka tidak heran kalau curug ini memiliki kealamian dan keindahan yang luar biasa.

Fasilitas Curug Leuwi Hejo

Walaupun Curug Leuwi Hejo dikelola swadaya oleh LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan namun fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Fasilitas tersebut adalah:

Area Parkir

Area parkir yang tersedia cukup luas sehingga mampu menampung belasan bahkan puluhan kendaraan. Apalagi area parkir ini dilengkapi dengan fasilitas penitipan helm. Jadi anda tidak perlu khawatir ketika meninggalkan barang bawaan anda.

Warung Makan

Pengelola juga menyediakan warung makan dengan berbagai macam pilihan makanan. Untuk menikmati hidangan yang disediakan oleh warung makan tersebut anda juga bisa menempati saung-saung.

MCK

Anda bisa menikmati fasilitas MCK yang disediakan selepas anda bermain air.

TIM SAR

Terdapat TIM SAR yang berjaga-jaga di kawasan wisata Curug Leuwi Hejo.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

Terdapat dua kali penarikan tiket masuk yang dilakukan oleh pengelola. Utuk retribusi pertama pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 15.000,00. Penarikan tersebut dilakukan pada pos masuk pertama.

Sedangkan pada pos masuk kedua pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,00. Penarikan tiket masuk tersebut difungsikan untuk pemeliharaan dan pengelolaan objek wisata. Sedangkan biaya retribusi kedua difungsikan sebagai biaya pembangunan desa sekitar karena memang objek wisata ini dikelola swadaya oleh masyarakat sekitar.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke Curug Leuwi Hejo bisa datang dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00. Curug Leuwi ini buka setiap hari.

Kunjungi juga curug lainnya di Jawa Barat, Curug Maribaya

Itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan mengenai Curug Leuwi Hejo. Jika anda ingin berkunjung ke objek wisata alam sebaiknya anda datang di pagi hari.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Semua perjalanan memiliki tujuan rahasia yang tidak diketahui oleh para pelancong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *