Surga Tersembunyi di Kawasan Bekas Pertambangan Danau Quarry Rumpin

Danau Quarry Rumpin

Kehadiran Danau Quarry Rumpin menambah sederet wisata menarik di Kabupaten Bogor. Selain terkenal dengan kawasan dataran tingginya, ada sebuah kecantikan tersembunyi di kota ini.

Kisaran Harga TiketRp 2.000
Review PengunjungKlik Disini
Jam Buka09:00 – 16:30 WIB
WilayahBanten

Jika anda selama ini hanya terbiasa ke Puncak dan kebun teh, maka cobalah sekali-kali ke danau ini. Dengan track yang tidak biasa, akan ada sensasi unik untuk menuju surga tersembunyi di Quarry Rumpin ini.  

Danau Quarry Rumpin

Merupakan danau yang tidak begitu luas. Danau ini berada di Desa Kampung Sawah. Danau yang berpotensi bahan material batu serta pasir ini terlihat sangat eksotis dan indah. Tidak heran jika danau unik ini menjadi terkenal di kalangan traveller.

Danau Quarry Rumpin Luas

Selain terkenal, danau ini juga memiliki banyak nama. Salah satunya adalah Danau Quarry Jayamix Rumpin. Diketahui danau ini adalah sebuah danau air tawar yang terbentuk karena ulah manusia.

Orang juga mencari Scientia Square Park

Dulunya, lokasi danau ini merupakan bekas lahan pertambangan pasir di bawah pengelolaan PT Jayamix. Perusahaan tersebut khusus untuk pembuatan beton.

Namun, karena proses pertambangan menciptakan getaran di sekitar pertambangan hingga menimbulkan gangguan warga sekitar. Dan akhirnya aktivitas tambang tersebut dihentikan dan dibiarkan.

Sisa legokan bekas tambang tersebut pun terisi oleh air hujan. Dan akhirnya terbentuklah sebuah kolam yang luas dan berbentuk sebuah danau. Jadi, bisa dikatakan danau ini proses terbentuknya memiliki kemiripan dengan danau bekas tambang lain.

Sama seperti Brown Canyon di Semarang, Danau Kaolin Belitung, dan Bukit Jaddih Madura. Penasaran dengan pesona danau di Bogor ini? Yuk menjelajah!

Stop! udah pernah ke Tebing Koja belum?

Pesona Danau Quarry Rumpin

Keunikan dari danau ini adalah warnanya yang hijau berkilauan. Tak hanya itu, danau ini juga terletak di area dengan potensi material pasir dan batu di Desa Nuggaherang. Hal tersebut pun memberikankan keindahan yang sangat memanjakan mata.

Danau Quarry Rumpin Keren

Ditambah tebing bebatuan yang mengelilingi danau menjadi spot unik dan menarik untuk berfoto. Pemandangan indah di area sekitar nya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Namun sangat disayangkan, para pengunjung tidak diizinkan untuk berenang di dana karna alasan keselamatan.

Hal unik lain yang mnejadi pesona danau ini adalah karena proses terjadinya. Aktivitas alam yang menjadikan terbentuknya danau ini menjadi istimewa. Tak heran, banyak sobat traveller yang rela datang ke tempat ini untuk menikmati suasana dan berburu spot foto unik.

Wisata di Tangerang Citra raya Worl of Wonder

Meski awalnya tidak diperhatikan, adanya banyak pengunjung mendatangi tempat ini membuat tempat ini terkenal mendadak. Warga lokal pun mengambil alih pengelolaan serta menjaga parkiran.

Jika anda tetap ingin menikmati danau tanpa harus berenang, anda bisa mencoba wahana bebek dan sepeda air yang tersedia. Namun sangat disarankan untuk tidak terlalu jauh ke tengah danau. Karena akan sedikit meneyramkan. Perlu diingat kalau danau ini dalamnya sekitar 27 meter.  

Mengenai fasilitas, pihak pengelola wisata juga sudah melengkapi danau ini dengan berbagai wahana dan spot foto. Diantaranya adalah sepeda dan bebek air. Ada juga fasilitas warung dan kedai kecil di sekitar lokasi.

Namun sayang, belum ada toilet di tempat wisata ini. Jika anda ingin menggunakan kamar mandi, bisa gunakan beberapa kamar mandi warung kecil di area sekitar lokasi.

Lokasi Wisata

Objek wisata Danau Quarry Jayamix Rumpin Bogor lokasinya berada di Kampung Sawah, Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Jika anda tahu lokasi wisata Taman Buah Cikaret, jaraknya hanya sekitar 1,5 jam dari kawasan itu atau 33 Km.

Danau Quarry Rumpin Indah

Sekedar informasi, Taman Buah Cikaret dikelola oleh PT Antam. Taman buah ini menyuguhkan panorama keindahan alam pegunungan, yang dibalut dalam lokasi taman buah.

Ada juga pesona air terjun serta sejumlah spot foto kece. Jika kebetulan anda ingin ke danau, bisa sekalian mampir ke taman buah ini.

Untuk akses jalan menuju ke lokasi danau ini terbilang susah-susah gampang. Meskipun jalannya cukup baik, namun banyak kendaraan-kendaraan besar yang membawa material berat. Sehingga kondisi jalannya sangat memprihatinkan. Banyak juga beberapa area jalan belum diaspal.

Terlebih saat musim hujan, kondisi jalannya akan sangat becek serta licin. Saat musim kemarau jalanannya akan berubah menjadi berdebu. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan roda empat untuk berkunjung ke sini.

Mengenai rutenya, Danau Quarry Rumpin dapat dilalui lewat simpang tiga Semplak/pasar Parung ke arah Rumpin. Untuk lebih gampangnya anda bisa mengikuti petunjuk arah ke gunung Munara.

Karena objek wisata danau ini searah dengan objek wisata situs gunung Munara tersebut. Untuk lebih jelas, silahkan gunakan link G Maps kami.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat memasuki lokasi wisata anda perlu membayar biaya retribusi. Harga tiket masuk Danau Quarry Rumpin ini adalah seharga Rp. 2.000/orang. Sementara ada juga biaya parkir yang dibebankan untuk pengunjung.

Danau Quarry Rumpin Sunset

Untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp. 10.000/motor. Sementara untuk tiket parkir mobil informasinya belum tertera di lokasi. Karena sementara ini belum ada mobil atau kendaraan roda empat lain yang masuk ke area lokasi ini.

Nah, itu tadi sekilas mengenai danau unik dengan warna kehijauan, Danau Quarry Rumpin. Meski anda harus berjuang dengan akses jalan yang agak rumit, namun itu tidak akan sia-sia. Yuk, siapkan bekal dan mental untuk dapat menikmati surga tersembunyi di Bogor ini.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Hidup itu petualangan yang berani atau tidak ada sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *